pkm tentang pemanfaatan beton menjadi emping beton

 

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

EMPING BETON SEGALA RASA

 

BIDANG KEGIATAN :

PKM KEWIRAUSAHAAN

 

Diusulkan oleh :

Nama :

Ketua : Ermayana Megawati (A510140170)

Anggota : Yeni Wulandari (A510140171)

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SURAKARTA

2014

 

 

 

 

 

i

PENGESAHAN PKM-KEWIRAUSAHAAN

Judul Kegiatan                                    : Emping Beton Segala Rasa

Bidang Kegiatan                                 : PKM-K

Ketua Pelaksana Kegiatan

Nama Lengkap                                    : Ermayana Megawati

Nim                                         : A510140170

Jurusan                                                : PGSD

Universitas/Institute/Politeknik          : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Alamat Rumah                                    : Wirosari, Ngrombo, Plupuh, Sragen

Alamat email                           : megawatiermayana@gmail.com

No. Telp/HP                            : 085725080567

Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 1 orang

Dosen Pendamping

Nama Lengkap dan Gelar       :

NIDN                                      :

Alamat rumah dan NO Tel./HP:

Biaya Kegiatan Total

Dikti                                        : Rp10.000.000,-

Sumber lian                             : RP2.000.000,-

Jangka Waktu Pelaksana                     : 3-5 bulan

 

Surakarta,12 Desember 2014

 

Menyetujui

KegiatanWakil/pembantu dekan atau             ketuapelaksana kegiatan Ketua jurusan/departemen/program studi/

Pembimbingunit kegiatan mahasiswa

 

(                                   )                                               (ErmayanaMegawati)

NIP/NIK                                                                     NIMA510140170

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan                                   Dosen

Pembimbing

 

(                                   )                                               (                       )

NIP/NIK                                                                     NIDN

 

ii

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN SAMPUL———————————————————————i

HALAMAN PENGESAHAN————————————————————-ii

DAFTAR ISI——————————————————————————–iii

RINGKASAN——————————————————————————-iv PENDAHULUAN————————————————————————–1

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH—————————————-2

1.2 LUARAN YANG DIHARAPKAN—————————————-2

1.3MANFAAT———————————————————————2

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA——————————————3

2.1 KONDISI UMUM LINGKUNGAN—————————————3

2.2 GAMBARAN POTENSI SDA———————————————3

2.3 GAMBARAN LABA——————————————————–3

METODE PELAKSANAAN PROGRAM———————————————4

3.1 TEMPAT PRODUKSI——————————————————-4

3.2 BAHAN DAN ALAT——————————————————–4

3.3 TATA LAKSANA———————————————————–4

3.4 EVALUASI——————————————————————-5

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN————————————————-6

4.1 BIAYA————————————————————————6

4.2 WAKTU DAN JADWAL KEGIATAN———————————6

LAMPIRAN I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iii

RINGKASAN

Emping beton merupakan inovasi promosi kuliner kaya manfaat. Mengingat tidak sedikit masyarakat sekarang mudah terserang penyakit karena komsumsi makan yang tidak teratur dan sembarangan. Melalui emping beton dengan berbagai perpaduan rasa yang kaya akan manfaat, kami yakin akan membuat masyarakat memilih makanan yang unik dilihat namun kaya akan manfaat bagi tubuh.

Emping beton merupakan pilihan yang tepat, sebab jenis makanan ini sangat di gemari oleh anak-anak hingga orang tua. Selain praktis di bawa, camilan ini harganya juga terjangkau.

Target pemasaran emping beton ini adalah semua masyarakat terutama anak-anak, mengingat pemasaran emping beton ini sebagian besar di tempat-tempat wisata, kampus, sekolah dan melalui media online.

Metode yang dipakai dalam mempromosikan emping beton ini adalah informasi dari mulut ke mulut, sosial media dan bekerja sama dengan pusat oleh-oleh atau tempat makan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iv

 

1

BAB I

PENDAHULUAN

 

LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan negara yang kaya akan Sumber Daya Alam. Iklim tropisnya membuat tanaman apa saja tumbuh dengan subur di Inonesia. Salah satu tanamannya yaitu pohon nangka. Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya . pohon nangka termasuk kedalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Jackfruit. Nangka tumbuh dengan baik di ikilim tropis.

Tanaman ini menyukai wilayah yang curah hujannya lebih dari 1500 mm pertahun di mana musim keringnya tidak terlalu keras. Pohon nangka kurang toleran terhadap udara dingin, kekeringan dan penggenangan. Pohon nangka yang berasal dari biji mulai berbunga mulai umur 2-8 tahun.

Selama ini buah nangka sudah dimanfaatkan secara maksimal. Ada berbagai macam olahan dari buah nangka seperti kripik nangka yang sering dijumpai di kota Malang , jus nangka yang bisa kita temui dimana saja , sayur buah nangka yang menjadi masakan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang biasa disebut dengan “gudeg” , manisan buah nangka , bahkan terkadang kita juga menjumpai buah nangka yang dipotong kecil-kecil menjadi campuran es campur atau es buah , dan yang terakhir menjadi campuran pada gula merah yang dicairkan lalu dimasukkan buah nangka tersebut agar baunya harum dan mantap.

Nangka dikenal luas sebagai buah yang rasanya manis. Oleh karena itu, pemanfaatannya lebih cenderung ke bahan makanan. Kemudian limbah yang dihasilkan dari buah nangka yaitu biji nangka atau sering disebut dengan “beton”,yang selama ini belum mendapat pengolahan secara efektif sehingga perlu pengolahan untuk menambah nilai ekonomis dari biji nangka ini. Biji nangka juga mengandung vitamin A. Menurut data Direktorat gizi, DEPKES (2009), biji nangka masih mempunyai kandungan gizi tinggi yaitu: setiap 100 gram biji nangka terdapat zat besi 200 mg, vitamin B1 0,20mg, kalori 165 kal, protein 4,2 gram, lemak 0,1 mg, karbohidrat 36,7 mg, kalsium 33,0 mg, fosfor 1,0 mg, vitamin C 10 mg, air 56.7 gram.

Hal ini menyebabkan sebagian besar orang belum mengetahui kandungan pada biji nangka tersebut. Selain itu biji nangka juga hanya dibuang begitu saja atau dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau bisa dibuat sayur.

Sedangkan biji nangka itu mengandung beberapa manfaat antara lain: mencegah konstipasi, melawan penuaan dinipada wajah, mengatasi sters dan penyakit kulit,

2

membersihkan noda pada kulit,mencegah rambut rontok, membantu menjaga penglihatan mata, memberikan volume pada rambut mencegah anemia. Dalam segi kecantikan biji nangkabermanfaat untuk melembutkan kulit, membasmi kerutan diwajah, menebalkan rambut

Sehingga biji nangka dapat diolah menjadi camilan yang lezat , enak, bergizi, memiliki nilai jual yang tinggi berbeda dengan yang lain. Namun demikian tetap memperhatikan segi kesehatannya, karena tidak mengandung zat-zat berbahaya yaitu salah satunya “emping beton segala rasa” seperti yang dilakukan oleh Yeni dan Mega (2014).

Emping beton merupakan salah satu aneka baru dalam kuliner di Indonesia. Yang diharapkan bisa disukai masyarakat Indonesia utamanya di kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan emping nangka dapat dibeli dengan harga yang cukup relatif murah, beraneka rasa, renyah dan praktis, dapat dibawa kemana-mana sebagai camilan sehari-hari.

Berdasarkan paparan diatas kami dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mencoba membuat ide baru yaitu melakukan wirausaha pembuatan inovasi baru dalam pengolahan biji nangka, yang saat ini jarang dimanfaatkan sebagai makanan ringan yaitu “Emping Beton Segala Rasa”. Sebagai camilan yang kaya akan kandungan gizi dan kaya akan manfaatnya dan yang paling penting praktis,ekonomis dan ramah lingkungan.

RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian latar belakang diatas, dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu bagaimana cara memanfaatkan biji nangka atau beton saat ini dikalangan masyarakat ?

LUARANYANG DIHARAPKAN

Dengan mendeskripsikan pengolahan emping beton, maka diharapkan dapat membuka jasa pembuatan atau pengolahan emping beton sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis masyarakat.

MANFAAT PROGRAM

Manfaat yang bisa kami ambil dalam program ini yaitu meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomis emping beton.

 

 

 

3

BAB II

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

 

2.1 KONDISI UMUM LINGKUNGAN

Usaha emping beton ini akan dikembangkan di beberapa kota,misal kota Semarang,Yogyakarta,Sragen,dan dikota pemproduksinya yaitu Boyolali yang sampai saat ini usaha cemilan masih terbuat dari umbi-umbian yang nilai khasiatnya belum begitu tinggi. Dengan adanya emping beton ini dapat menjadi alternatif cemilan yang kaya akan manfaatnya maupun untuk pelengkap lauk yang kaya khasiat bagi mahasiswa dan masyarakat khususnya bagi kaum ibu-ibu. Bentuk produk emping beton yang akan dikembangkan memiliki berbagai 10 variasi rasa.Berdasarkan gambaran biaya produks dan asumsi harga jual per  porsi adalah Rp. 5.000,- maka keuntungan yang di dapat bisa digambarkan sebagai berikut:

Target penjualan per hari                     : 50 bungkus

Pendapatan per hari                            : 50 bungkus x @5.000 = 500.000

Penjualan I periode (7 hari)                 : 500.000 x 7 hari = 3.500.000

Maka, selama 4 (4 minggu=1 bulan) periode , modal awal pembelian alat-alatusaha sudah bisa tertutupi, sementara barang-barang tersebut masihmemiliki nilai pakai (nilai guna) untuk kelangsungan usaha.

 

2.2 GAMBARAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM

Bahan utama pembuatan emping beton ini adalah biji-bijian. Bahan pembantu yang digunakan juga sederhana dan mudah didapat. Peralatan yang digunakan dalam pembuatannyapun adalah alat-alat tradisional juga sehingga terjamin keasliannya. Emping beton memiliki peluang usaha yang cukup potensial di kalangan masyarakat. Jika dikembangkan secara berkala maka usaha ini dapat meraup untung yang cukup besar.

2.3 GAMBARAN POTENSI USAHA

Ditinjau dari cara memperoleh bijinya yang tergolong mudah dan dengan harga yang relatif murah, nilai guna dari sayuran dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan biji beton sebagai bahan alternatif pengganti melinjo dalam pembuatan emping.

Dalam pembuatan “ Emping Beton” ini, jumlah modal awal yang dikeluarkan sebesar Rp6.268.500,-sedangkan biaya produksi yang digunakan sebesar Rp10.800.000,-itu akan menghasilkan 2400 bungkus. Maka HPP-nya Rp10.800.000: 2400 = 4.500,-  yang nantinya akan dijual per bungkus sebesar Rp5.000,- dan memperoleh laba Rp1.500,-.

4

BAB III

METODE PELAKSANAAN PROGRAM

3.1 Tempat Produksi

Rencana lokasi pelaksanaan usaha ini beralamat di Sidomulyo RT.03/RW.03, Teras, Teras, Boyolali.

3.2 Bahan dan Alat

Bahan

Biji nangka/beton 4 kg,

Garam dapur.

Bumbu aneka rasa,cabe dan gula merah.

Alat

Kompor dan gas

Panci kukus

Pisau dan solet

Palu/alat geprek

Cara Membuat

Kupas biji nangka dari kulit ari. Setelah dikupas lalu cuci biji nangka yang telah di kupas kulit arinya hingga bersih dengan air yang bersih.

Isi panci kukus dengan air secukupnya, lalu taruh kukusan diatas air, Masukkan garam secukupnya pada air dalam panci kukusan tersebut.

Panaskan panci kukus hingga setengah mendidih lalu masukkan biji nangka/beton ke dalam panci kukusan.

Tunggu hingga matang, lalu angkat dan dinginkan sebentar.Kemudian geprek biji nangka/beton tersebut hingga pipih.

Jemur biji nangka/beton sampai kering dibawah sinar matahari langsung, Setelah kering, lalu diangkat dan dimasukkan kedalam baskom.

Siapkan minyak goreng yang sudah dipanaskan, kemudian goreng hingga berubah warna menjadi kuning keemas-emasan.

Setelah matang sisihkan menjadi 10 bagian dalam wadah, yang masing-masing dicampuri aneka macam rasa.

Kemudian masukkan emping beton kedalam kemasan yang tersedia.

Timbang kemasan dengan berat ¼ kg lalu dikemas menggunakan mesin pres.

Masukkan kedalam kardus yang berisi 6 kemasan, lalu siap dipasarkan.

5

3.3 Tata Laksana

Persiapan Tempat Usaha

Tahap ini adalah tahap untuk mempersiapkan tempat memproduksi emping beton dan juga sebagai tempat berlangsungnya proses pembuatan.

Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan alat dan bahan merupakan hal penting untuk memperlancar proses produksi. Semua alat dan bahan mudah diperoleh di Supermarket terdekat.

Promosi

Strateginya penawaran atau promosi kami bisa langsung kepada konsumen atau masyarakat sekitar,dan cara lain melalui jejaring sosial seperti facebook.

Proses Produksi

Proses produksi dilakukan dengan cara selalu memenuhi stock. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pemrosesan sebagai berikut :

Prosses Pembuatan

Dalam proses pembuatan ini kami memproduksi dengan menyesuaikan permintaan konsumen.

Quality Control

Quality Control yaitu pemilahan antara produk yg masih layak jual dan sudah tidak layak jual.

Finishing

Pengecekan jumlah yang akan dikirim kepada konsumen sudah sesuai atau tidak. Serta kami memasarkan hasil camilan kami melalui via online.

3.4 Evaluasi

Tahap ini adalah proses pengecekan apakah realisasi sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan mencari sebab akibat dari kendala yang dihadapi yang bertujuan untuk mempermudah strategi yang akan diterapkan untuk pengembangan usaha. Sehigga mampu menjadi usaha yang berorientasi profit secara profesional.

6

BAB IV

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

Justifikasi Anggaran Biaya 

  1. Daftar Bahan
No Nama Bahan Vol Sat Harga (Rp) Jumlah (Rp)
1 Biji nangka/beton 4 Kg 4.000,- 16.000,-
2 Garam 1 Kg 8.000,- 8.000,-
3 Bumbu Aneka Rasa 4 bungkus 4.000,- 16.000,-
4 Gula Merah 1 Kg 9.000,-      9.000,-
5 Cabe 0.5 Kg 30.000,- 30.000,-
Jumlah Rp79.000,-

 

  1. Daftar Alat
No Nama Alat Vol Sat Harga (Rp) Jumlah (Rp)
1 Baskom 4 Buah 25.000,- 100.000,-
2 Nampam 5 Buah 20.000,- 100.000,-
3 Plastik pengemas 300 Buah 1.500,- 450.000,-
4 Solet 5 Buah 2.500,- 12.500,-
5 Tungku 2 Buah 175.000,- 350.000,-
6 Alat penggorengan 3 Buah 50.000,- 150.000,-
7 Timbangan 1 Buah 90.000,- 90.000,-
8 Pisau 3 Buah 10.000,- 30.000,-
9 Kardus snack 150 Buah 800.00,- 120.000,-
10 Plastik 20 Pak 10.000,- 200.000,-
11 Panci 4 Buah 40.000 160.000
12 Palu/alat geprek 3 Buah 15.000 45.000
Jumlah Rp1.807.500,-

 

 

 

 

 

7

  1. Perjalanan
No Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Keterangan
 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

Bensin

Untuk perjalanan promosi dan membeli bahandan keperluan yang lain selama 4 bulan  

 

40 liter

 

 

 

 

 

 

Rp8.500

 

 

 

 

340.000

Promosi ke kota Sragen  

20 liter

 

170.000

Promosi ke kota Yogyakarta  

25 liter

 

212.5000

Promosi kekota Semarang  

45 liter

 

382.500

Jumlah Rp1.105.000,=

 

Lain-lain

 

No Material Justifikasi pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Keterangan
1 Brosur Untuk promosi 1500 lembar 1.500 2.250.000
2 Pulsa Modem Untuk promosi via online 1 kartu 250.000 250.000
3 Papan nama Untuk promosi 3 buah 500.000 1.500.000
Jumlah Rp4.000.000,-

 

 

 

 

 

8

LAMPIRAN 1

Biodata Ketua Laksana

Identitas Diri

1 Nama Lengkap (dengan gelar) Ermayana Megawati
2 Jenis Kelamin Perempuan
3 Program Studi PGSD
4 NIM A51014017
5 Tempat dan Tanggal Lahir 1996
6 E-mail
7 Nomor telepon/HP

Riwayat Pendidikan

  SD SMP SMA
Nama institusi      
Jurusan      
Tahun Masuk-Lulus 2001-2007 2008-2011 2011-2014

Penghargaan dalam10 tahun Terakhir (dari pemerinta, asosiasi atau institusi lainnya)

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun
1

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkansecara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dengan pengajuan Hibah……………………………..

Surakarta,19 Desember 2014

Pengusul/Pembimbing

 

 

 

(Ermayana Megawati)

 

 

 

 

9

Biodata Anggota Laksana

Identitas Diri

1 Nama Lengkap (dengan gelar) Yeni Wulandari
2 Jenis Kelamin Perempuan
3 Program Studi PGSD
4 NIM A51014017
5 Tempat dan Tanggal Lahir Boyolali 1 Mei 1996
6 E-mail
7 Nomor telepon/HP 085642152717
  1. Riwayat Pendidikan
  SD SMP SMA
Nama institusi SD Negeri Teras 2 SMP Negeri 2 Teras SMA Negeri 1 Banyudono
Jurusan IPS
Tahun Masuk-Lulus 2001-2007 2008-2011 2011-2014
  1. Penghargaan dalam10 tahun Terakhir (dari pemerinta, asosiasi atau institusi lainnya)
No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun
1

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkansecara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dengan pengajuan Hibah……………………………..

Surakarta,19 Desember 2014

Pengusul/Pembimbing

 

 

 

(Yeni Wulandari)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s